Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
/index.php/berita/380-pn-kalianda-gelar-sidang-tipiring-perkara-pelanggaran-keimigrasian-oleh-wna-bangladesh
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI KALIANDA KELAS II

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI KALIANDA KELAS II

Jalan Indra Bangsawan No. 37. Kalianda, Lampung Selatan

e-mail : pnkalianda.info[at]gmail.com ; TELP / FAX : (0727) 322063

Logo Artikel

380 PN KALIANDA GELAR SIDANG TIPIRING PERKARA PELANGGARAN KEIMIGRASIAN OLEH WNA BANGLADESH

Berita

PN Kalianda Gelar Sidang Tipiring Perkara Pelanggaran Keimigrasian Oleh WNA Bangladesh

WhatsApp Image 2018 11 02 at 11.48.482 Kalianda - Jumat, 2 Nopember 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kalianda digelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) perkara pelanggaran keimigrasian dengan terdakwa warga negara asing (WNA) asal Bangladesh, Mochtaer Hossain. Sidang dipimpin oleh Hakim tunggal, Yudha Dinata, S.H, dengan Panitera Pengganti Rajes Mizandi, S.H., M.H. Ikut dihadirkan dalam sidang ini, Penyidik dari Kanwil Kemenkumham Lampung, Petugas dari kantor Imigrasi Kalianda, Penterjemah, dan awak media lokal Kalianda.

Terdakwa dalam penyidikan didakwa melanggar pasal 71 huruf b juncto pasal 116 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. Saat dilakukan razia atau penertiban warga negara asing oleh petugas kantor Imigrasi Kalianda pada tanggal 18 Oktober 2018 di Kecamatan Way Jepara Lampung Timur, didapati WNA Bangladesh tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen identitas. Terdakwa hanya bisa menunjukkan foto paspornya di galeri telepon genggam. Terdakwa mengaku dokumen identitasnya sedang berada di tangan agen dalam rangka proses pengurusan izin tinggal di Indonesia. Mendapati kondisi tersebut, Petugas kantor Imigrasi Kalianda menahan terdakwa dan meneruskan perkara ini ke Pengadilan Negeri Kalianda. Sebagai informasi, bahwa kantor Imigrasi Kalianda yang berada di Kalianda memiliki wilayah kerja mencakup wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Timur. Mengingat keberadaan kantor Imigrasi di kecamatan Kalianda, maka gelar perkara diserahkan ke Pengadilan Negeri Kalianda.

Dalam persidangan, Hakim bertanya kepada terdakwa dengan bantuan penterjemah terkait kronologis penangkapan terdakwa dan motif keberadaan terdakwa di Indonesia. Terdakwa telah tiba di Indonesia sejak tanggal 10 Januari 2018 dengan maksud menikahi seorang wanita WNI yang dikenalnya melalui jejaring sosial Facebook. Terdakwa juga menyampaikan keinginannya untuk tinggal menetap di Indonesia. Hakim kemudian bertanya kepada petugas kantor Imigrasi Kalianda yang bertugas melakukan penertiban tersebut. Hakim juga bertanya kepada penyidik dari Kanwil Kemenkumham Lampung terkait prosedur penertiban WNA. Selanjutnya, Hakim juga menanyakan prosedur dan aturan terkait izin tinggal WNA di Indonesia.

Sidang diskors sejenak untuk ibadah sholat Jumat. Usai sholat Jumat sidang dilanjutkan kembali dengan agenda pembacaan putusan. Hakim menjatuhkan vonis 1 bulan kurungan dengan masa percobaan 3 bulan kepada terdakwa.

Berikut dokumentasi sidang tersebut. (PTIP-red)

WhatsApp Image 2018 11 02 at 11.48.485 WhatsApp Image 2018 11 02 at 11.48.486

WhatsApp Image 2018 11 02 at 11.48.47 WhatsApp Image 2018 11 02 at 11.48.488


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech